Iklan Header

Jumat, 10 Januari 2014

Membuat kalkulator sederhana berbasis android

Hey guys gimana kabarnya..?

Berhubung hari ini aku lagi libur jadi nggak ada salahnya aku melanjutkan tutorial android yang saya posting sebelumnya. Ok pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat kalkulator sederhana bebasis android. nah, seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya bahwa pemrograman android terdiri dari bahasa pemrograman XML dan Java, dimana bahasa pemrograman  xml berfungsi untuk medesain layout, dan java berfungsi untuk pemrosesan. jadi, semua proses diambil alih sepenuhnya oleh bahasa pemrograman java. nah, seperti yang kita ketahuai bahwa bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman berorientasi object (OOP) berarti huruf besar dan huruf kecil dibedakan.
pada pemrograman berbasis android, kita menggunakan komponen EditText untuk menampung input dan output, sedangkan yang kita ketahui bahwa EditText hanya mampu menampung data yang bertype String, jadi untuk melakukan proses aritmatika kita harus menkonversi dari String ke Int (angka) dan untuk menampilkan hasil dari proses kita juga menggunakan komponen EditText. jadi kita harus mengkonversi lagi dari Int(angka) ke String dan begitu terus selanjutnya.
Ok, sekarang kita mulai saja, silahkan buat project baru dengan settingan seperti gambar berikut:
klik finish.
ok, sekarang ketikan koding di main.xml nya sepeti dibawah ini:


<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    android:orientation="vertical"
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="fill_parent"
    >
<TextView 
    android:layout_width="fill_parent"
    android:layout_height="wrap_content"
    android:text="Tutorial2 by fikriberbagi.blogspot.com"/>
<EditText
       android:id="@+id/EditText01"
       android:layout_width="fill_parent"
       android:layout_height="70dp"
       android:hint="Masukan Angka Pertama">
</EditText>
<EditText
       android:id="@+id/EditText02"
       android:layout_height="70dp"
       android:hint="Masukan Angka Kedua"
       android:layout_width="fill_parent">
</EditText>
       <LinearLayout
              android:id="@+id/LinearLayout01"
              android:layout_width="wrap_content"
              android:layout_height="wrap_content"
              android:orientation="horizontal">
       <Button
              android:id="@+id/Button03"
              android:layout_height="wrap_content"
              android:text="Tambah"
              android:onClick="Tambah" android:layout_width="80dp">
       </Button>
       <Button
              android:id="@+id/Button01"
              android:layout_height="wrap_content"
              android:onClick="Kurang"
              android:text="Kurang" android:layout_width="80dp">
       </Button>
       <Button
              android:id="@+id/Button02"
              android:layout_height="wrap_content"
              android:text="Kali"
              android:onClick="Kali" android:layout_width="80dp">
       </Button>
      
       <Button
              android:id="@+id/Button04"
              android:layout_height="wrap_content"
              android:onClick="Bagi"
              android:text="Bagi" android:layout_width="80dp">
       </Button>
       </LinearLayout>
<EditText
       android:id="@+id/EditText03"
       android:layout_height="70dp"
       android:hint="Hasil"
       android:layout_width="fill_parent">
</EditText>  
</LinearLayout>


Nah, Coba diteliti lagi koding main.xml diatas, pada koding diatas saya telah menyertakan event untuk masing2 buttonnya yang nantinya akan dipanggil pada coding java-nya. 
Maka Akan tampil desain layout yang kita desain dengan koding diatas seperti gambar berikut:

sekarang silahkan ketikan coding pada java-nya seperti berikut:

package com.tutor2;

import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.widget.*;
import android.view.*;

public class fikritutor2 extends Activity {
    /** Called when the activity is first created. */
       EditText one,two,hasil;
       Button tambah,kurang,kali,bagi;
       double satu,dua,hsl;
    @Override
    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.main);
        one=(EditText)findViewById(R.id.EditText01);
        two=(EditText)findViewById(R.id.EditText02);
        hasil=(EditText)findViewById(R.id.EditText03);
        tambah=(Button)findViewById(R.id.Button01);
        kurang=(Button)findViewById(R.id.Button02);
        kali=(Button)findViewById(R.id.Button03);
        bagi=(Button)findViewById(R.id.Button04);
    }
    public void Tambah(View view){
       satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
       dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
       hsl=satu+dua;
       hasil.setText(Double.toString(hsl));
    }
    public void Kurang(View view){
       satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
       dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
       hsl=satu-dua;
       hasil.setText(Double.toString(hsl));
    }
    public void Kali(View view){
       satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
       dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
       hsl=satu*dua;
       hasil.setText(Double.toString(hsl));
    }
    public void Bagi(View view){
       satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
       dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
       hsl=satu/dua;
       hasil.setText(Double.toString(hsl));
    }
}

Keteranngan coding :
coding berikut adalah coding untuk membuat variabel untuk widget yang kita gunakan di dalam layout aplikasi android yang kita desain:


       EditText one,two,hasil;
       Button tambah,kurang,kali,bagi;

sedangkan coding berikut adalah coding untuk deklarasi dari string ke type data angka yang akan kita  gunakan nantinya. 

       double satu,dua,hsl;

coding berikut ini digunakan untuk ketika aplikasi dijalankan akan dikenali bahwa EditText01 adalah one, EditText02 sebagai two, dan EditText03 sebagai hasil. demikian juga dengan nama baru untuk buttonnya. 

        one=(EditText)findViewById(R.id.EditText01);
        two=(EditText)findViewById(R.id.EditText02);
        hasil=(EditText)findViewById(R.id.EditText03);
        tambah=(Button)findViewById(R.id.Button01);
        kurang=(Button)findViewById(R.id.Button02);
        kali=(Button)findViewById(R.id.Button03);
        bagi=(Button)findViewById(R.id.Button04);

sedangkan coding berikut ini adalah coding ketika tombol Tambah diklik maka akan dilakukan operasi penambahan apa yang diinputkan di EditText01 dan EditText02 dan hasilnya akn ditampilkan di EditText03.

    public void Tambah(View view){
       satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
       dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
       hsl=satu+dua;
       hasil.setText(Double.toString(hsl));
    }

Coba perhatikan lagi coding diatas..! ketika kita ingin menampilkan hasilnya ke EditText03. kita harus mengkonversi lagi ke String dengan perintah Double.toString seperti koding diatas.
  
nah, untuk coding tombol kurang, kali dan bagi tinggal dicopy-paste aja coding dari tombol tambah.
sampai disini selesailah aplikasi kalkulator sederhana berbasis android yang kita buat. silahkan jalankan aplikasinya dengan cara klik kanan pada project android kita pilih Run As dan klik Android Aplication.
maka hasilnya seperti gambar berikut:
ok, guys terima kasih telah berkunjung, wassalamm...  


 

4 komentar:

  1. terimakasih.. sangat membantu.. :)

    BalasHapus
  2. gan gimana caranya biar kalau hasilnya angka genap di akhirannya gak ada .0 titik nol nya, bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal ganti tipe datanya jadi Integer..!

      Hapus
  3. gan.. saya mau buat aplikasi misal sebuah rumus.... contoh rumus volume persegi panjang.... bagaimana contohnya gan...

    hasilnya menghitung volume ... apa yg perlu diganti gan

    kalau agan berkenan bisa kirim via email gan..

    sukrin.harahap@yahoo.com

    oya gan ini ekstnsinya .apk gan..??

    BalasHapus