Iklan Header

Sabtu, 14 Desember 2013

Menggunakan event KeyPress di VB 6.0



Di tuturial part 3 kali ini kita akan membahas, bagaimana cara kerja dari event KeyPress itu sendiri dan apa saja keuntungannya.
Sebenarnya yang perlu diperhatikan dalam mebuat mebuat aplikasi / program ini adalah property name nya, karena kita akan memanggil komponen-komponen yang kita letakkan di form yang kita desain itu berdasarkan name nya. Dan masing-masing komponen memiliki name yang unik (berbeda) tidak boleh sama.


Kenapa kita harus sangat memperhatikan property namenya.?

Pertanyaan yang bagus.,karena semua proses yang akan kita susun berdasarkan logika kita sendiri di koding program  itu berdasarkan name. Jika name nya tidak sesuai maka akan terjadi error.


Analoginya : “contohnya saja anda memanggil teman anda, pasti anda panggil namanya.  Ya., kan.? Misalnya saja nama teman anda itu fikri, lalu anda ingan memanggilnya jono, apakah si fikri merespon.? Tentu saja tidak kan?”. Begitu juga dengan program, jika anda salah dalam memanggil name nya maka dia tidak akan merespon dan program akan error.

Baiklah sekarang kita mulai saja yaitu bagaimana menggunakan event keypress (proses  yang dilakukan tidak menggunakan klik button, tapi menggunakan tombol Enter yang ada di keyboard).

1. desain formnya seperti gambar berikut :
Anda bisa lihat sendiri kan, tidak ada tombol satupun ?
2. atur properties nya seperti tabel berikut :

Nah., disini kita lihat property name nya sudah kita ganti menjadi yang kita inginkan, gunanya supaya kita mudah untuk mengingatnya dalam penulisan koding program nantinya.
3. klik 2x kali pada Textbox "xkedua"  maka akan tampil jendela seperti berikut :

Nah.,disini kita melihat sudah ada koding program Private sub xkedua_change().

Kita tau bahwa xkedua adalah name dari text2 yang sudah kita ganti sebelumnya dan change() inilah yang disebut dengan event.

Untuk mengganti eventnya menjadi keypress maka kita tinggal klik combobox yang ada di atas kanan jendela koding kita seperti gambar dibawah ini :
4. Pilih KeyPress maka akn tampil jendela seperti berikut :
5. setelah muncul seperti gambar diatas maka langkah selanjutnya adalah mengetikan koding nya ditengah-tengahnya seperti gambar berikut :
 6. jalankan programnya, lalu masukan angka pada angka pertama dan angka kedua lalu tekan tombol enter.
maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :
sekian postingan kali ini, somoga bermanfaat, wassalam.. 

4 komentar: