Iklan Header

Jumat, 06 Desember 2013

Pehitungan sederhana menggunakan VB 6.0

Tutorial kali ini adalah tutorial Part 2 jadi disini saya tidak lagi mengenalkan komponen-komponen yang digunakan, karena itu sudah saya jelaskan di tuturial Part 1.

Baik langsung saja pertama-tama :

1. desain formnya seperti gambar berikut :
2. atur pada jendela propertiesnya seperti tabel dibawah ini :
Pastikan settingannya benar.!


Kita akan membuat program / aplikasi perhitungan matematika sederhana. Cara kerja aplikasi kita ini adalah dengan memasukan angka pada text1 dan juga text2, lalu kita klik tombol tambah maka hasil penjumlahannya akan ditampilkan di text3.


Baiklah untuk menambahkan koding (perintah) nya. 
3. klik 2x pada tombol tambah, maka akan tampil jendela seperti berikut :
4. ketikan koding seperti ini di tengah - tengahnya.  " text3 . text = val (text1.text) + val (text2.text) " tanpa tanda kutip.
seperti gambar dibawah ini :

Loh..,kok pake Val..??
Pertanyaan yang bagus.,itu karena visual basic sendiri menganggap apa yang kita inputkan (masukan) kedalam text1 dan text2 sebagai karakter. Bisa saja kita tidak menggunakan val (value), tapi hasil penjumlahannya akan menjadi salah.
Contoh: ketika aplikasi kita jalankan dan kita memasukan angka 5 pada text1 dan angka 4 pada text2, maka ketika kita klik tombol tambah yang akan tampil di text3 (hasil) adalah 54 bukan 9.
Seperti gambar berikut :
Dan sebaliknya, ketika kita tambahkan val pada kodingnya seperti yang saya tuliskan sebelumnya, maka hasilnya akan menjadi benar seperti pada gambar berikut :
sekian postingan kali ini semoga bermanfaat, jika ada yang ragu boleh bertanya dengan cara tinggalkan komentar di dibawah ini.
terima kasih telah berkunjung.







0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Posting Komentar