Iklan Header

Sabtu, 28 Desember 2013

Fungsi Syntax Update dan delete Pada MySQL



Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menggunkan syntax Update dan Delete pada MySQL.

1 . Fungsi syntax Update
Syntax Update berfungsi untuk merubah data yang salah dari sebuah tabel maupun dari beberapa tabel sekaligus. Sintax Update ini bekerja harus ada kondisinya atau dalam SQL sering disebut dengan WHERE. Where disini bisa kita terjemahkan dimana atau berdasarkan. Kenapa kita merubah data harus berdasarkan kodisi..,Apakah mengubah data yang salah tidak berdasarkan kondisi itu salah.??  Tentu saja tidak, tapi jika kita mengubah data tidak berdasarkan kondisi maka mengakibatkan data tidak valid.
Contoh : lihatlah tabel mahasiswa berikut ini:
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- In Articles Ads -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-3786943708043906"
     data-ad-slot="8852105979"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>



Jika saya ingin merubah data NamaMhs fikriberbagi menjadi Jery jika saya ubah tanpa kondisi (WHERE), maka seluruh NamaMhs laura, fikri, dan fikriberbagi berubuh menjadi Jery.
Nah, bisa dibayangkan jika ada 1000 mahasiswa yang tersimpan ditabel mahasiswa dan kemudian semua nama mahasiswa nya berubah menjadi Jery, kacaukan aplikasi kita.?
Nah, maka dari itu kita perlu mengkondisikan data yang mana yang akan kita ubah. Biasanya yang menjadi acuan / kondisi itu adalah data yang bersifat Unik, yaitu data yang membedakan antara satu data dengan data yang lain, didalam basisdata (database) dikenal dengan istilah PRIMARY KEY. Nah, pada tabel mahasiswa yang menjadi PRIMARY KEY adalah Nomor BP, karena nomor bp tidak ada yang sama (bersifat unik) yang membedakan suatu record (Baris) dengan record (baris) yang lain.

Sebagai contoh ketikan syntax SQL berikut pada MySQL teman2 semua dan eksekusi dengan menekan tombol F9 pada keyboard:
 Nah, pada syntax SQL diatas jika kita terjemahkan kedalam bahasa kita sehari-hari dapat diterjemahkan menjadi “ Perbaharui tabel mahasiswa masukan nama mahasiswa = Jery , Jurusan =Manajemen berdasarkan Nomor BP 1210264 ”.
Pada contoh diatas sudah jelas bahwa kita merubah data dari nomor BP 1210264 dengan memasukan nama jery pada Field NamaMhs dan Manajemen pada field Jurusan dari tabel mahasiswa.
Untuk melihat hasilnya ketikan peintah SELECT*FROM mahasiswa;
Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:


Coba perhatikan tabel diatas data dengan nomor bp 1210264 yang sebelumnya dengan nama fikriberbagi dan jurusan Informatika sekarang menjadi NamaMhs  Jery dan Jurusan Manajemen.
Syntax update itu tidak hanya sampai disitu saja, jika teman2 kreatif bisa dikembangkan menjadi menarik lagi.

2 . Fungsi syntax Delete.
Syntax delete berfungsi untuk menghapus data per-Recordnya atu lebih, cara kerja dari syntax delete ini hampir sama dengan sintax update. Syntax delete juga harus disertai kondisi (WHERE), karena jika tidak, semua data yang ada di tabel tersebut akn terhapus. Nah, beresiko sekali bukan.?
Contoh : delete from mahasiswa;
Jika syntax tersebut kita ketikan dan kita eksekusi, maka semua data yang ada ditabel mahasiswa akan terhapus. Oleh sebab itu kita harus mengkondisikan Record (baris) mana yang akan kita hapus.
Contoh :
Saya akan menghapus data mahasiswa dengan nomor BP 1210264 dengan nama Jery dan jurusan Manjemen. 
ketikan syntax SQL berikut di SQL yog anda.!!
Eksekusi syntax SQL diatas dengan menekan tombol F9 pada keyboard maka data mahasiswa dengan nomor Bp=1210264 sudah terhapus. Syntax SQL diatas jika kita terjemahkan kedalam bahasa kita sehari hari menjadi “hapus data dari tabel mahasiswa berdasarkan nomor Bp 1210264”.
Jika ingin melihat hasilnya ketikan perintah select*from mahasiswa; maka akan terlihat hasilnya seperti berikut:



nah, mudah kan.?
Tapi jika kita tidak hati2 maka akn berakibat fatal.
Ok, sekian tutorial tentang Syntax Update dan Delete, teruslah belajar dan praktekan apa yang sudah saya berikan mudah2an membantu teman2 semua yang kesulitan memehami syntax SQL.

Baca juga :
 

 

 




0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Posting Komentar