Iklan Header

Sabtu, 25 Januari 2014

Membuat kalkulator dengan java netbeans


Hey gays,, kebetulan banget nich hari ini penulis lagi free, untuk mengisi hari penulis yang free ini, nggak ada salahnya penulis memberikan tutorial yang sedikit berbeda dari sebelumnya.
Nah, pada postingan kali ini penulis ingin sharing ilmu tentang bagaimana membuat kalkulator sederhana menggunakan java, untuk membuat aplikasi ini kita membutuhkan 2 macam software saja yaitu: JDK (Java Development Kit) dan NetBeans.
JDK (Java Development Kit) berfungsi untuk mendukung IDE yang kita gunakan yaitu NetBeans, sedangkan NetBeans sendiri berfungsi untuk membuat aplikasi java yang akan kita buat. Nah, sebelum kita mulai membuat aplikasi java, ada baiknya teman2 download dulu dech kedua software yang penulis sebutkan diatas.! karena tidak baik pergi ke sawah tanpa cangkul hehe..,setelah mendownload kedua software tersebut silahkan diinstall ke komputer / laptop teman2. Ingat.! Install JDK nya terlebih dahulu baru setelah itu NetBeans nya.!
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- In Articles Ads -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-3786943708043906"
     data-ad-slot="8852105979"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- iklan navigasi -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:300px;height:250px"
     data-ad-client="ca-pub-3786943708043906"
     data-ad-slot="4760239182"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>
Nah, sekarang penulis anggap saja teman2 telah berhasil menginstall kedua software tersebut. Ok, disini penulis menggunakan JDK Versi 7 dan NetBeans IDE Versi 7.3.
Perlu diketahui bahwa bahasa pemrograman java adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi object (OOP) bersifat case sensitive, artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan dan penulisan coding. Apa itu OOP..? untuk sementara waktu jangan dipikirkan dulu apa itu OOP ok.! Karena nantinya teman2 akan mengerti dengan sendirinya tentang konsep  dari OOP tersebut dengan catatan banyak2 latihan membuat program aplikasi.
Ok sekarang kita mulai saja dan jangan lupa berdo’a menurut kepercayaan masing2.!
Nah, sekarang silahkan buka NetBeans IDE teman2 seperti gambar berikut: 

Setelah NetBeans teman2 terbuka, langkah selanjutnya adalah membuat project baru. Untuk membuat project baru bisa dilakukan dengan mengklik menu file dan pilih New Project seperti gambar berikut:


Setelah itu akan tampil jendela New Project seperti gambar berikut ini:

Karena kita mau membuat aplikasi java, maka klik java dan pilih Java Application seperti gambar diatas, kemudian klik next.
Maka akan tampil jendela berikutnya seperti gambar berikut ini:

Nah, pada gambar diatas, silahkan ketikan nama project yang ingin dibuat, disini penulis membuat nama projectny adalah PrjKalkulator seperti gambar diatas, setelah itu klik tombol Browse untuk menentukan lokasi penyimpanan project yang akan dibuat, sehingga ketika aplikasi sudah selesai dibuat, teman2 tidak kebingungan mencari letak hasilnya.
Disini penulis menyimpannya di direktiri F:\Data For Blog\java seperti gambar berikut ini:

Setelah membuat nama project dan menentukan tempat penyimpanan project, silahkan klik tombol finish seperti gambar diatas. Nah, sampai disini tahap pembuatan project sudah selesai, langkah berikutnya adalah membuat form. Bagaimana cara membuatnya..?
Silahkan ikuti Step by Step berikut ini:
1 ) klik kanan pada projectnya => New => Jframe Form seperti gambar berikut:

 2 ) setelah itu maka akan tampil jendela seperti berikut ini: 

3 ) ketikan nama kelasnya dan klik finish.
Disini penulis membuat nama kelasnya adalah kalkulator sesuai dengan topic pembahasan kita kali ini.
Setelah itu, maka akan tampil jendela seperti gambar dibawah ini:

Nah, yang terletak ditengah2 adalah form yang telah kita buat, sedangkan disebelah kanan ada Pallete yang berisi komponen2 yang akan kita gunkan untuk mendesain form, dan ada juga Properties yang berguna untuk mengatur setiap komponen yang kita gunakan untuk mendesain form. 
4 ) Mendesain form.
Sebelum mendesain form ada baiknya kita set dulu layoutnya untuk memudahkan kita dalam mendesain form. Disini penulis menggunakan layoutnya adalah Absolute Layout. Nah, untuk menset layout caranya klik kanan pada formnya pilih Set Layout lalu klik Absolute Layout, seperti gambar berikut:

Setelah men-set layout barulah kita lanjut ketahap desain form, nah, sekarang tambahkan komponen yang bernama label, dengan cara klik label yang ada di Pallete dan letakkan di form, seperti gambar berikut ini:

Setelah berhasil meletakkan komponen label di desain form, sekarang atur properties label nya, yang perlu diatur disini adalah textnya. Caranya cari Text di jendela properties dan ganti Jlabel1 menjadi Value Pertama. Setelah itu, tambahkan 2 komponen label lagi dan ganti textnya menjadi Value Kedua dan Hasil.
Nah, langkah selanjutnya adalah menambahkan komponen Text Field, caranya sama seperti menambahkan komponen label sebelumnya, dimana Text Field ini terletak di jendela Pallate seperti gambar berikut:

Klik Text Field yang ada di jendela Pallate dan klik-drag pada desain form seperti gambar berikut ini: 

Atur properties textnya menjadi kosong. Tambahkan 2 komponen Text Field lagi dengan cara yang sama dan atur properties text nya menjadi kosong.
Nah, sekarang yang harus teman2 lakukan adalah mengganti Variable Name nya, tujuannya supaya kita mudah dalam pengetikan coding nantinya.
Bagaimana caranya.?
Caranya sangat mudah, klik kanan pada Text Field yang ingin diganti Variable Name nya, lalu pilih Change Variable Name seperti gambar berikut:  

Setelah mengklik change variable name maka kita akan diarahkan ke jendela Rename seperti gambar berikut:

Silahkan ganti JtextField1 menjadi angka1 seperti gambar diatas dan klik Ok. Ingat..! pemberian variable name tidak boleh menggunakan spasi.
Nah, sekarang ganti juga variable name untuk JtextField2 menjadi angka2 dan JtextField3 menjadi hasil.
Langkah selanjutnya adalah menanbahkan komponen Button (Tombol). Button ini juga terletak di jendela Pallete seperti gambar berikut:

Nah, Button inilah yang akan kita gunakan untuk mengeksekusi semua perintah nantinya.
Sekarang tambahkan komponen Button ke desain Form teman2 dan ganti properties text nya menjadi tambah seperti gambar berikut:  

Selanjutnya ganti variable name nya menjadi BtnTambah seperti gambar berikut:

Nah, sekarang tambahkan 3 komponen Button lagi yaitu untuk tombol Kurang, Kali,dan Bagi serta ganti Variable name nya menjadi BtnKruang, BtnKali, dan BtnBagi.
Setelah itu maka akan terlihat desain Form akhir kita seperti gambar berikut:

Setelah desain form selesai, sekarang saatnya untuk pengetikan coding program supaya aplikasi yang kita buat bisa dieksekusi.
Pertama – tama coding untuk tombol Tambah, untuk menambahkan coding pada tombol Tambah caranya klik 2x pada tombol Tambah maka akan tampil jendela codingnya dan ketikan coding seperti gambar berikut ini: 

Keterangan coding :
Karena kita menggunakan komponen Text Field untuk menerima input data, dimana komponen Text Field sendiri hanya mampu menampung input data yang bertype String (Huruf), sementara kita ingin menginputkan data berType angka. Maka yang harus kita lakukan adalah mendeklarasikan variable.
Nah, pada coding diatas sudah terlihat beberapa variable yang kita deklarasi yaitu variable ang1,ang2,hsl dimana variable tersebut bertype data double. Type data double adalah salah satu type data yang menampung angka. Nah, jika sudah selesai mengetikan coding diatas silahkan Running programnya dengan cara klik menu Run pada menubar dan pilih Run File seperti gambar berikut:

Setelah mengklik Run File maka akan tampil aplikasi yang kita buat seperti berikut: 

Nah, sekarang silahkan masukan angka pada value pertama dan value kedua lalu klik tombol Tambah, maka akan terlihat hasilnya seperti gambar berikut: 

Simple bukan..?
Sekarang waktunya kita membuat coding untuk tombol kurang, untuk membuat coding pada tombol kurang silahkan tutup dulu aplikasi yang sedang Running dan kembali lagi ke desain Form seperti sebelumnya.
Sebenarnya coding tombol Tambah dan tombol Kurang tidak jauh berbeda, hanya yang membedakan hanyalah operatornya saja.
Setelah kembali ke desain form, klik 2x pada tombol Kurang maka akan tampil jendela coding untuk tombol kurang dan copy coding yang ada pada tombol Tambah, lalu paste kan pada tombol kurang dan ganti operator (+) menjadi (-) seperti gambar berikut:

 
Nah, pada coding tombol kurang kita tidak perlu lagi mendeklarasikan variable karena sudah kita deklarasikan sebelumnya.
Sekarang silahkan Running aplikasinya dengan cara yang sama seperti sebelumnya dan isikan angka pada value pertama dan value kedua lalu klik tombol Kurang, maka akan terlihat hasilnya seperti gambar berikut:  

 
Nah, untuk coding tombol kali dan bagi sama seperti coding tombol Kurang dan tombol Tambah, teman2 tinggal copy-paste aja dan ganti operatornya. Untuk tombol Kali operatornya adalah bintang (*) dan tombol bagi adalah slash (/).
Mudah kan..?
Ok guys, sekian dulu tutorial kali ini, penulis berharap semoga tutorial yang singkat ini bermanfaat, dan teman2 semua bisa mengembangkannya.!
Wassalam.... 

9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mkasih gan ,,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare

    BalasHapus
  3. mantap bagi pemula kaya saya,,sangat membantu ,,hatur nuhun kang

    BalasHapus
  4. infonya sangat bermanfat dan menambah wawasan,, thanks gan..

    BalasHapus
  5. Buat email Gratis dengan nama domain sendiri:

    BalasHapus