Iklan Header

Jumat, 13 Desember 2013

Membuat form mahasiswa dengan vb 6.0



Dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan kepada teman-teman semua, bagaimana caranya membuat aplikasi input data mahasiswa dengan DBMS (database mangement system) nya adalah microsoft office access 2007.
Baiklah langsung saja, pertama-tama buat dulu databasenya, dimana database ini akan kita gunakan untuk menyimpan data-data mahasisiwa yang akan kita inputkan. Klik disini untuk melihat bagaimana step by step pembuatan database.
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- iklan navigasi -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:300px;height:250px"
     data-ad-client="ca-pub-3786943708043906"
     data-ad-slot="4760239182"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

1. buka microsoft visual basic teman-teman semuanya dan desain formnya seperti gambar berikut :

Atur properties nya seperti tabel dibawah ini :



2. koneksi ke database.
Dilangkah yang kedua ini kita akan mengkoneksikan form yang kita buat di visual basic dengan database yang Akademik yang sudah kita buat sebelumnya.
Untuk mengetahui bagaimana cara mengkoneksikannya klik disini untuk melihat tutorial bagaimana cara mengkoneksikannya ke database.
Setelah koneksi berhasil, lalu jalankan programnya maka akan tampil data yang ada pada database yang kita buat sebelumnya .
Seperti gambar dibawah ini : 


3. membuat koding untuk tombol simpan.
Langkah selanjutnya adalah mngetikan koding untuk tombol simpan, klik 2x pada tombol simpan maka ketikan koding seperti gambar dibawah ini :



jalankan programnya, lalu tambahkan datanya lalu klik tombol simpan, maka data akan tersimpan secara otomatis kedalam database yang kita buat sebelumnya.
Seperti gambar berikut :

 
4. Membuat koding untuk tombol edit.
Untuk membuat koding untuk tombol edit kita perlu membuat koding untuk datagrid klik nya dulu, jadi ketika kita klik salah satu data yang ada di datagrid nya maka data tersebut akan tampil di masing-masing textbox nya.
Untuk membuat koding untuk datagrid klik dapat dilakukan dengan cara klik 2x pada datagridnya, lalu ketikan koding seperti gambar dibawah ini :


 
Setelah mengetikan koding untuk datagrid nya lalu jalankan programnya, dan klik salah satu record yang ada di datadrid nya maka akan terlihat seperti gambar berikut ini :
 
  

Setelah step by step diatas dilakukan dengan benar maka sekaranglah saatnya untuk mengetikan koding untuk tombol edit, supaya data yang ada bisa diubah-ubah. Koding untuk tombol edit hampir sama dengan koding tombol simpan, tapi ada sedikit perbedaan. Ok langsung saja klik 2x pada tombol edit lalu ketikan koding  seperti gambar berikut:

 

Sekarang coba jalankan programnya, lalu klik salah satu record yang ada di datagrid nya, dan ganti datanya. Sebagai contoh saya mencoba mengganti nama jovi menjadi andry lalu klik tombol Edit.
Seperti gambar dibawah ini ;



Nah., lihat sendiri kan perbedaannya nama yang sebelumnya Jovi sekarang Sudah berubah menjadi Andry.
5. membuat koding untuk tombol Hapus.
Untuk membuat koding untuk tombol hapus, caranya sangat gampang sekali, klik 2x pada tombol hapus lalu ketikan koding seperti gambar berikut ini :


Nah gampang kan..?., sekarang jalankan programnya lalu klik salah satu record yang ada di datagrid nya,lalu klik tombol Hapus, maka data yang dihapus sudah terhapus seperti gambar dibwah ini :


 
Nah, disini saya menghapus data fikriberbagi.blogspot.com, lihat sendiri kan ? sekarang data fikriberbagi.blogspot.com sudah hilang di datadrid nya, ini menandakan bahwa data tersebut juga sudah terhapus di database nya.
6. membuat koding untuk tombol keluar
Klik 2x pada tombol keluar lalu ketikan koding seperti gambar berikut ini:



Loh..,simple banget..??. tepat sekali sangat simple bukan ?. perintah end digunakan untuk mengakhiri perintah program.
Ok sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat wassalam..

Dokumen terkait :


6 komentar:

  1. Terima kasih mas, sangat membantu sekali. Mas kalo untuk menjumlah total harga pada data grid kodingnya apa yah mas ??? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. mas kalau ad data yg sama yg diinput biar gk langsung close gmn ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah aja primary key baru misalnya id, dan jangan jadikan nobp sebagai primary key..!

      Hapus
  3. cara menambah tombol cari gmn ya mas bro thx

    BalasHapus
  4. propertis yang digunake tolong di jabarkan/sebutkan

    BalasHapus