Iklan Header

Kamis, 26 Desember 2013

Membuat database dengan MySQL



1 membuat database.

MySQL merupakan RDBMS yang cukup banyak digunakan di dunia. selain penggunaannya yang mudah, juga banyak tutorial, dan forum aktif sebagai tepat belajar.
Pada dasarnya, untuk membuat database dengan mysql ini, menggunakan bahasa DDL (Data Definition Language). bagi anda yang belum kenal dengan DDL silahkan cek disini.
Dalam postingan kali ini saya akan memerberi tahu kepada teman-teman semua bagaimana caranya membuat struktur database dengan menggunakan DBMS MySQL.
Jika teman-teman belum memiliki software MySQL silahkan download terlebih dahulu.!
Software yang kita gunakan adalah :
Nah.,jika belum punya software nya download dulu kedua software diatas lalu diinstall di komputer teman-teman semuanya.
Setelah diinstall jalankan WampServer nya lalu jalankan SQL yog nya dan klik connect.
Maka akan tampil jendela awal SQL yog seperti berikut ini :   
Sebenarnya, kita bisa membuat database dengan sangat mudah di SQL yog dengan memanfaatkan Tools yang ada di SQL yog, tapi pada postingan kali ini saya akan membuat database dengan sintax SQL (Structured Query Language). Harapan saya supaya teman-teman semua bisa lebih akrab dengan sintax SQL, karena apapun DBMS (Database Management System) yang teman2 gunakan tidak luput dari sintax SQL, jadi tidak ada pilihan kecuali memahami Sintax SQL dengan baik.
Ok.,untuk membuat database sintax SQL yang kita gunakan adalah create database spasi nama database.
Sebagai contoh saya membuat sebuah database dengan nama Akademik, maka sintax yang digunakan adalah  create database Akademik dan diakhiri dengan titik koma, lalu silahkan eksekusi perintah SQL tersebut dengan menekan Execute Current Query yang ada diatas kiri jendela SQL yog atau dengan menekan tombol F9.

Catt: Sebelum mengeksekusi perintah SQL, pastikan cursor berada sebelum titik koma.
Seperti gambar berikut : 
 


Nah, jika pada Messages tidak ada error seperti gambar diatas berarti kita sudah selesai membuat database.
Langkah selanjutnya adalah membuat tabel karena database tidak ada artinya tanpa tabel didalamnya dan tabel ini lah yang kita gunakan untuk menampung data-data yang kita inputkan supaya kelihatn rapi hehe.
Ok, sebelum membuat tabel kita harus mengaktifkan database yang kita buat sebelumnya. Untuk mengaktifkanya caranya sangat mudah ketikan syntax SQL use Akademik;
Seperti gambar berikut:


Eksekusi sintax SQL diatas dengan menekan tombol F9 pada keyboard. Jika tidak ada error pada messages berarti database sudah aktif.

2 membuat tabel.
Untuk membuat tabel kita menggunakan syntax SQL create table. Tetapi didalam membuat tabel kita harus menentukan nama field, type data, dan juga panjang karakternya.
Sebagai contoh karena saya membuat nama databasenya akademik, maka disini saya membuat beberapa tabel yaitu: tabel mahasiswa, tabel matakuliah, tabel dosen, tabel Krs dan Krs_detail.

A . Membuat tabel mahasiswa.
Ketikan perintah SQL  seperti gambar berikut untuk membuat tabel mahasiswa :
 


Setelah mengetikkan syntax SQL diatas lalu eksekusi dengan menekan tombol F9. Jika tidak ada error pada messages berarti kita telah berhasil membuat tabel mahasiswa.
Nah, pada tabel mahasiswa kita memiliki beberapa field yaitu Nobp (nomor BP mahasiswa), nama mahasiswa, jurusan,jenis kelamin,Tgl lahir dan alamat.
Sebenarnya field jurusan tidak kita masukan didalam tabel mahasiswa, tapi karena saya tidak membuat tabel Jurusan maka field jurusan saya sertakan saja pada tabel mahasiswa. 
Catt: dalam membuat field tidak boleh menggunakan spasi, makanya saya membuat nama field nya disingkat.

B . Membuat tabel matakuliah.
Ketikan perintah SQL  seperti gambar berikut untuk membuat tabel matakuliah:


Sama seperti sebelumnya, letakkan cursor sebelum titik koma dan eksekusi perintah SQL tersebut dengan menekan tombol F9 pada keyboard.
Pada tabel mata kuliah ini, kita memerlukan 3 field yaitu Kode matakuliah yang saya singkat menjadi KD_matkul, nama matakuliah yang saya singkat menjadi NM_matkul, dan sks. Nah, coba lihat pada field kode matakuliah dan nama matakuliah saya membuat type data nya varchar, artinya kode matakuliah dan namamatakuliah bertype data String (huruf). Sedangkan pada Sks saya membuat type datanya INT (integer). Artinya sks bertype data (angka).

C . Membuat tabel dosen.
Untuk tabel dosen hampir mirip dengan tabel mahasiswa. Untuk membuat tabel dosen ketikan ketikan syntax SQL berikut :


Sama seperti sebelumnya, letakkan cursor sebelum titik koma dan eksekusi perintah SQL tersebut dengan menekan tombol F9 pada keyboard.
Catt: untuk field yang ber type data DATE, formatnya adalah yyyy-MM-dd.

D . Membuat tabel KRS.
Tabel KRS merupakan tabel transaksi, jadi tabel KRS ini berelasi dengan tabel mahasiswa. Untuk merelasikannya kita sertakan field Nobp pada tabel KRS.
Ketikan syntax SQL berikut untuk membuat tabel KRS.

 
Sama seperti sebelumnya, letakkan cursor sebelum titik koma dan eksekusi perintah SQL tersebut dengan menekan tombol F9 pada keyboard.
Catt: Pastikan panjang karakter pada field Nobp yang ada pada tabel mahasiswa sama dengan panjang karakter field Nobp yang ada pada tabel KRS.
Disini kebetulan saya membuat panjang karakternya 8.

E . Membuat tabel KRS Detail.
Tabel KRS detail ini merupakan tabel rincian dari tabel KRS. Untuk membuatnya ketikan syntax SQL berikut :


 
Sama seperti sebelumnya, letakkan cursor sebelum titik koma dan eksekusi perintah SQL tersebut dengan menekan tombol F9 pada keyboard.
Catt: type data DOUBLE juga type data untuk angka.

Kesimpulan :
Sepanjang yang saya jelaskan, kita baru membuat database dan juga beberapa tabel. Inti nya kita hanya baru menggunakan Syntax SQL yang pertama yaitu CREATE. Masih banyak lagi syntax SQL yang lainnya seperti Insert, update, delete, select dan yang lainnya.

Baca juga :


0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Posting Komentar