Iklan Header

Senin, 30 Desember 2013

Sharing Internet


Mungkin sebelumnya teman2 bertanya kepada diri sendiri bisakah kita internetan lebih dari 2 PC (Personal computer) dengan hanya menggunakan satu modem saja.? Dan bisakah kita berinternet nebeng dengan komputer teman kita yang akses internet.?
Kali ini saya akan membahas tentang sharing internet yaitu bagaimana caranya berinternet gratis dengan cara nebeng dengan laptop teman yang akses internet.
contohnya: Teman kita punya modem flash dikos sedangkan kita tidak punya, dan kita juga ingin internetan. Nah, jika teman anda mau berbaik hati dengan cara ganti2an sich enak ya kan.? Dan biasanya orang yang lagi internetan itu nggak mau diganggu kenyamanannya, bagimana caranya internetan bareng dengan satu modem.?
Caranya gampang anda tinggan modal kabel UTP yang siap pakai, kalau nggak punya gimana.?
Beli donk.! Nggak mahal kok., Paling2 modal 5ribu-an, dari pada beli modem, belum lagi pulsanya, jauh lebih mahalkan.? pada gambar diatas kita bisa melihat bahwa laptop kita terConnect ke hotspot (tanpa kabel) dan pengguna hotspot sudah penuh (Limited Access), sedangkan teman kita juga ingin menggunakan internet.
Berkat pengalaman kita nebeng dengan laptop teman kita di kos2an. Sekarang kita yang mengizinkan teman kita nebeng internetan dari laptop kita yang terkoneksi hotspot,Nah, disinilah kita bisa melakukan internet sharing, dengan syarat anda harus punya kabel UTP yang sudah siap digunakan seperti yang sudah saya katakan sebelumnnya, dan kabel inilah yang menghubungkan laptop kita dengan laptop teman kita.
Setelah laptop kita terhubung dengan laptop teman kita seperti gambar diatas,dan pastikan access internet pada laptop kita sudah ready dan sudah bisa main internet. lakukan setting pada laptop kita sebagai berikut :


1 . klik icon wireless network connection yang ada di sebelah kanan bawah laptop anda seperti gambar berikut :

 2 . klik Open Network and Sharing Center, maka akan tampil jendela seperti gambar berikut:

 3 . klik Change adapter settings, maka akan tampil jendela seperti gambar berikut :

4 . klik kanan pada Wireless Network Connection => Properties, maka akn tampil jendela seperti gambar berikut :

 5 . klik tab Sharing dan centang kedua combobox yang ada di tab sharing dan klik Ok seperti gambar berikut :

Pastikan setelah melakukan settings seperti urutan langkah diatas, dan status Wireless Network Connection berubah menjadi Shared. Jika sudah Shared berarti settingan nya sudah benar.
Karena kita ingin mensharing internet menggunakan kabel dengan teman kita, maka kita harus memasukan IP address di Local Area Connection nya.
Langkah selanjutnya adalah memasukan IP address pada Local Area Connection :

1 . klik kanan pada Local Area Connection, lalu pilih Properties.
Maka akan tampil jendela seperti gambar berikut : 

2 . Pilih Internet Protokol Version 4 (TCP / IPv4), lalu klik Properties, maka akan tampil jendela seperti gambar berikut:

 
Masukan IP address seperti gambar diatas dan subnetmask nya akan muncul secara otomatis.
Klik tombol Ok dan close, sampai disini settingan untuk laptop kita sudah selesai.
Untuk settingan di laptop teman kita cara nya gampang, kita hanya perlu memasukan IP address dan gateway pada Local Area Connection yang ada di laptop teman kita.
Seperti gambar berikut:

 
Nah, disini kita bisa melihat bahwa IP address yang ada di laptop kita berbeda harus berbeda IP address yang ada di laptop teman kita, sedangkan gateway nya harus sama dengan IP addres laptop kita. Coba cermati lagi gambar diatas antara settingan laptop kita dan laptop teman kita dan lihat perbedaannya.!
Setelah melakukan setting seperti itu lalu klik tombol Ok dan Close.
Nah, sekarang silahkan buka Browser di laptop teman kita dan silahkan main facebook sepuasnya.
Ingat.! Berbagi itu indah, jadi jika teman kita membutuhkan koneksi internet dan komputer / laptop kita terkoneksi internet, sharing donk jangan pelit2.!
Sambil praktek.hehe.
Catt: Pastikan laptop kita internet nya sudah ready,maka laptop teman kita internetnya juga ready. 
Ok guys, sekian dulu nich ilmu yang bisa saya share unntuk teman2 semuanya semoga bermanfaat, dan jangan lupa terus kunjungi fikriberbagi.blogspot.com untuk melihat update ilmu gratisss terbaru wassalam..

2 komentar: