Iklan Header

Sabtu, 28 Desember 2013

Fungsi Syntax Insert Pada MySQL



Pada postingan kali ini saya ingin melanjutkan postingan sebelumnya yaitu membuat database denganMySQL. Kali ini saya akan membahas tentang syntax insert pada SQL.
Insert digunakan untuk menginputkan data kedalam tabel yang kita buat sebelumnya. Sebenarnya ada 2 cara untuk memasukan data kedalam tabel yang kita buat sebelumnya.

Cara 1.
Disini saya menginputkan data pada tabel mahasiswa. Baiklah ketikan sintax SQL seperti gambar berikut :
 


Setelah mengetikan perintah SQL diatas lalu eksekusi dengan menekan tombol F9 pada keyboard dan pastikan cursor berada sebelum titik koma ketika melakukan eksekusi.   
Sebagai contoh saya menginputkan data dengan Nobp =1210158, nama= fikri, jurusan= Sistem Informasi, Jenis Kelamin =L, TglLahir= 1994-09-25 dan Alamat= Jln.Damar No.3.
Pada cara yang pertama ini kita harus mengurutkan datanya berdasar kan urutan field yang ada pada struktur tabel mahasiswa yang kita buat sebelumnya dan pastikan semua field ter isi.


Cara 2.
Disini saya juga menginputkan data pada tabel mahasiswa. Ketikan sintax SQL seperti gambar berikut :


Eksekusi perintah SQL diatas dengan menekan tombol F9 pada keyboard, jika tidak ada error pada messages berarti sintax SQL yang teman2 ketikan benar.
Nah, pada cara yang kedua ini kita menyertakan nama fieldnya dan pada cara ini kita bisa mengisi data yang kita perlukan saja. Pada cara ini tidak mementingkan urutan field pada struktur tabelnya.
Untuk melihat hasil dari data yang sudah kita isi ketikan sintax SQL berikut :


Eksekusi perintah SQL diatas maka akan tampil tampil tabel mahasiswa yang yang sudah berisi data yang telah kita inputkan.
Seperti gambar berikut :


Nah, sekarang coba bedakan dengan sintax SQL berikut :


Eksekusi perintah SQL diatas dengan menekan tombol F9.
Lihat sendiri kan perbedaan nya.,pada sintax SQL diatas nama fieldnya tidak sesuai dengan urutan pada struktur tabelnya, tetapi hal ini tidak jadi masalah karena ini salah satu keunggulan jika kita menggukan cara 2 ini.
Ok, untuk melihat hasilnya ketikan perintah select*from mahasiswa;
Maka akan tampil seperti gambar berikut :


Nah, lihat sendiri kan hasilnya tetap tidak melanggar struktur dari tabel mahasiswa itu sendiri.

 Sekian tutorial tentang sintax Insert, semoga bermanfaat Harapan saya semoga teman2 semua bisa memahami sintax SQL dengan baik karena Sintax SQL ini bermanfaat bagi teman2 yang termotivasi untuk menjadi seorang programer.
Untuk tutorial berikutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara mengedit data yang salah dan jika data tersebut tidak diperlukan lagi bagaimana cara menghapusnya dan sebagainya.
Untuk tutorial berikutnya kita akan membahas tentang :




0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Posting Komentar